Lomba Esai Sumpah Pemuda (ANBTI)

Deadline: 2 Juli 2010

Lomba Esai Sumpah Pemuda (oleh Aliansi Nasional Bhinneka Tunggal Ika)

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda, Aliansi Nasional Bhinneka Tunggal Ika (ANBTI) mengundang orang muda Indonesia berpartisipasi dalam lomba esai bertema “Kita Peduli”. Esai adalah hasil tulisan setelah melihat, merasakan, dan memahami permasalahan konkret bangsa ini dengan berbagai penyakit sosialnya, dan bagaimana orang muda memiliki gagasan untuk ikut berapartisipasi menyelesaikannya.
Tema ini diinspirasi oleh semangat Sumpah Pemuda 1928 di mana pada saat itu orang muda mau mengambil tanggungjawab ikut memecahkan persoalan bangsa. Dengan semangat persatuan, mereka berjuang bersama, melunturkan sekat-sekat primordialisme agama, dan etnis memperjuangkan cita-cita bersama, menghapus segala bentuk penjajahan. Dengan semangat yang sama pula, melalui lomba ini orang muda Indonesia diharapkan memiliki rasa kebersamaan dan kepedulian dalam ikut berusaha memecahkan persoalan bangsa dengan segala penyakit sosialnya.
Tema ini akan dikhususkan pada tiga sub tema (pilih salah satu):
  • Indonesia negara Maritim. Sebagai negara kepulauan, Indonesia disatukan oleh laut. Namun, selama ini, paradigma pembangunan di Indonesia masih mengabaikan laut sebagai prioritas utama pembangunan.
  • Kesetaraan Gender. Kesetaraan gender berarti kesamaan peran bagi laki-laki dan perempuan untuk memperoleh kesempatan serta hak-hak yang sama sebagai sesama manusia. Kesetaraan gender meliputi penghapusan diskriminasi dan ketidakadilan struktural, baik terhadap laki-laki maupun perempuan. Keadilan gender berarti tidak adanya pembakuan peran, beban ganda, subordinasi, marginalisasi, dan kekerasan terhadap perempuan maupun laki-laki.
  • Eksistensi Masyarakat Adat. Diskriminasi terhadap masyarakat adat khususnya penganut kepercayaan lokal terus saja terjadi. Parahnya, diskriminasi ini dilakukan secara sistematis, karena negara kerap membuat berbagai kebijakan publik dalam bentuk UU yang terus mendiskriminasi masyarakat adat. Seperti pengabaian atas pengakuan agama dan kepercayaan yang mereka anut. Pemerintah masih melanggengkan pengakuan terhadap “agama resmi dan tidak resmi” yang memarginalkan kelompok masyarakat di luar enam agama yang difasilitasi oleh negara (Islam, Kristen, Katolik, Budha, Hindu, dan yang baru diresmikan, Khonghucu). Selain itu, persoalan eksistensi kehidupan masyarakat adat juga sering digusur oleh kepentingan pemodal yang ingin mengeksploitasi tanah-tanah adat.
Syarat Lomba
  1. Diikuti oleh Peserta Perorangan. Baik pelajar SMA, SMK atau yang setingkat dan mahasiswa (D3/S1).
  2. Tulisan berbentuk esai dan belum pernah dipublikasikan.
  3. Panjang tulisan maksimal 8.000 karakter (termasuk spasi) tidak termasuk halaman yang menjelaskan identitas peserta. Spasi rangkap dengan tipe huruf Times New Roman dengan font size 12.
Pengiriman tulisan
  1. Tulisan dikirim via pos ke alamat: Jl. Tebet Barat Dalam VII No. 19 Jakarta Selatan 12810, atau melalui email ke lombaesai@anbti.org
  2. Mencantumkan kode “Penulis” pada amplop luar di bagian kiri atas
  3. Batas waktu penerimaan tulisan di panitia pada 2 Juli 2010 cap pos.
  4. Tulisan disertai nama penulis, fotokopi bukti diri (KTP/Kartu Pelajar/ Kartu Mahasiswa), alamat lengkap sekolah/rumah, serta nomor telepon (sekolah/rumah/handphone).
Pemenang dan hadiah
  1. Panitia menetapkan Juara I, II, dan III pada masing-masing kategori (pelajar dan mahasiswa). Juara I, II, III masing-masing akan mendapatkan tabungan sebesar Rp 10 juta, Rp 7,5 juta, dan Rp 5 juta (pajak ditanggung panitia).
  2. Pengumuman tiga puluh penulis terbaik akan ditampilkan di www.anbti.org pada 24 Juli 2010.
  3. Tiga puluh penulis terbaik (pelajar dan mahasiswa, masing-masing 15 orang) akan mendapatkan pelatihan penulisan dan paket wisata ke Yogyakarta.
  4. Penentuan pemenang lomba (Juara I, II, dan III) akan diumumkan pada 28 Oktober 2010 dan ditampilkan dalam situs web ANBTI, www.anbti.org.
  5. Karya pemenang lomba dan 30 penulis terbaik (pelajar dan mahasiswa) akan diterbitkan dalam sebuah buku.
  6. Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
Juri
Dewan juri terdiri dari:
  • Ignatius Haryanto, Direktur Eksekutif Lembaga Studi Pers dan Pembangunan
  • Ayu Utami, Novelis
  • Ratna Hapsari Rudjito, Ketua Asosiasi Guru Sejarah Indonesia (AGSI)
Keterangan Lebih lanjut bisa di menghubungi panitia,
Contact person : (021) 94595526 (Malia) atau silakan kunjungi: http://anbti.org

Aliansi Nasional Bhinneka Tunggal Ika

Alamat: Jalan Tebet Barat Dalam VII, No. 19, Jakarta Selatan 12810
Telepon: (021) 8370 5641,  (021) 8370 5642, (021)7030 4258 (FLEXI)
Fax. : (021) 831 2771
Email: Seknas@anbti.org

Indonesian Young Scientist Competition 2010

Deadline: 12 Agustus 2010

InaYS Competition adalah kepanjangan dari Indonesian Young Scientist Competition, merupakan suatu ajang adu kemampuan dalam mempresentasikan hasil penelitian.

Kegiatan ini ditujukan bagi peneliti belia berusia 13-19 tahun, atau siswa-siswi SMA/SMP/SMK/MA/MTs.

Bidang ilmu yang dilombakan adalah :

1. Fisika
2. Matematika
3. Ilmu Komputer
4. Ekologi (Biologi, Kimia, Kedokteran, Lingkungan)

Peserta terbaik dalam InaYS Competition akan memperoleh penghargaan sebagai berikut :
Juara 1: Sebuah medali emas dan piagam penghargaan
Juara 2: Sebuah medali perak dan piagam penghargaan
Juara 3: Sebuah medali perunggu dan piagam penghargaan

InaYS Competition juga merupakan seleksi Tim Indonesia untuk lomba presentasi penelitian tingkat internasional, yaitu International Conference of Young Scientists (ICYS), yang diselenggarakan setiap tahun.

Tahun 2011 yang akan datang, ICYS ke 18 diselenggarakan di kota Moscow, Rusia.
InaYS Competition 2010, adalah kerjasama antara Jurusan Fisika Unpar, Surya Institute dan Pudak Scientific.

Lomba:

1. Babak penyisihan dilakukan oleh dewan juri dengan membaca makalah penelitian dan melihat presentasi melalui rekaman film presentasi.
2. Peserta yang lolos babak penyisihan akan diundang untuk hadir pada babak Final.
3. Pengumuman peserta yang lolos ke babak final akan dilakukan pada tanggal 30 September 2010 melalui website lomba.
4. Pada babak Final, peserta mempresentasikan secara langsung penelitiannya di hadapan dewan juri.

Ketentuan Umum Lomba

1. Setiap sekolah dapat mengirimkan maksimal 5 penelitian.
2. Peserta adalah pelajar SMA/SMP/SMK/MA/MTs berusia usia 13-19 tahun pada saat lomba.
3. Penelitian dapat dilakukan secara perorangan maupun berkelompok (maksimal anggota kelompok berjumlah 3 orang).
4. Penelitian adalah salah satu dari bidang ilmu berikut : Matematika, Fisika, Ekologi, Ilmu Komputer ( yang termasuk Ekologi adalah Biologi, Kimia, Kedokteran, Lingkungan, Psikologi ).
5. Setiap peserta/kelompok wajib mengirimkan abstrak penelitian, makalah penelitian, dan rekaman presentasi.
6. Peserta yang masuk ke babak final wajib mempresentasikan hasil penelitian yang dikirimkan tersebut di depan dewan juri.

Ketentuan untuk Abstrak

1. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris.
2. Abstrak dibuat maksimal 1 halaman A4, tipe huruf: Times New Roman (12pt – spasi 1,5), margin kiri: 2 cm, kanan: 2 cm, atas: 2 cm, bawah: 2 cm.
Contoh : CONTOH_ABSTRACT.doc
Form Abstract InaYS : FORM_ABSTRACT_INAYS_2010.doc
3. Kirimkan abstrak dalam bentuk file softcopy ke email panitia : inays.unpar@gmail.com selambatnya 27 Agustus 2010. Panitia akan membalas email sebagai konfirmasi penerimaan abstrak.
4. Penamaan file abstrak sebagai berikut :
Abstrak_bidang penelitian_nama sekolah_nama salah seorang peserta.doc
(contoh : Abstrak_Matematika_SMAN8 Surabaya_Rizal Ramli.doc).

Ketentuan untuk Makalah

1. Makalah ditulis dengan menggunakan metoda ilmiah.
2. Makalah ditulis dalam bahasa Inggris.
3. Makalah diketik dengan menggunakan :
1. kertas ukuran: A4 (5 – 15 halaman)
2. tipe huruf: Times New Roman (12pt – spasi 1,5)
3. margin kiri: 2 cm, kanan: 2 cm, atas: 2 cm, bawah: 2 cm
4. Makalah penelitian dikirimkan ke panitia dalam 2 bentuk yaitu :
1. Hardcopy sebanyak 6 eksemplar (dijilid soft cover saja) dikirim melalui pos ke alamat Sekretariat Panitia
2. Softcopy (file digital) dalam format Word dengan penamaan file sebagai berikut :
Makalah_bidang penelitian_nama sekolah_nama salah seorang peserta.doc
(contoh : Makalah_Matematika_SMAN8 Surabaya_Rizal Ramli.doc).
5. Makalah dalam bentuk hardcopy dan softcopy diterima oleh panitia selambatnya tanggal 20 September 2010.

Ketentuan untuk Film Presentasi

1. Film presentasi dibuat dalam format digital.
2. Yang direkam adalah siswa yang sedang mempresentasikan penelitiannya dengan background layar proyektor yang menampilkan Power Point nya.
3. Untuk penelitian yang dilakukan secara berkelompok, presentasinya dapat dilakukan secara bergantian.
4. Jika penelitian ini lolos ke babak final, peserta yang mempresentasikan di babak final harus sama dengan yang direkam dalam film presentasi.
5. Waktu untuk rekaman presentasi untuk setiap penelitian adalah maksimal 10 menit (tanpa tanya jawab)
6. Presentasi harus menggunakan bahasa Inggris.
7. Presentasi dapat didukung dengan demonstrasi/alat peraga.)
8. File film diberi nama dengan ketentuan sebagai berikut :
Film_bidang penelitian_nama sekolah_nama salah seorang peserta
(contoh : Film_Matematika_SMAN8 Surabaya_Rizal Ramli).
9. Film rekaman presentasi dan softcopy file makalah pada butir 4.2 di atas dimasukkan dalam CD, diterima oleh panitia lomba selambatnya tanggal 20 September 2010.
1. Peserta yang melakukan presentasi adalah peserta yang sama pada rekaman film yang dikirimkan ke panitia pada babak penyisihan.
2. Waktu untuk presentasi untuk setiap penelitian adalah 10 menit dan dilanjutkan 5 menit untuk tanya jawab dengan dewan juri.
3. Presentasi harus menggunakan bahasa Inggris baik dalam menyampaikan presentasi maupun pada alat dukungan presentasi (Power Point dll).
4. Peserta dipersilahkan untuk membawa alat peraga yang dibutuhkan.
5. Panitia menyediakan media untuk presentasi seperti komputer/laptop dan proyektor.
6. Pada saat Daftar Ulang sebelum acara final dimulai, setiap penelitian memasukkan file Power Point ke komputer/laptop milik panitia (walaupun peserta menggunakan sendiri laptopnya untuk berpresentasi)
1. Peserta yang melakukan presentasi adalah peserta yang sama pada rekaman film yang dikirimkan ke panitia pada babak penyisihan.
2. Waktu untuk presentasi untuk setiap penelitian adalah 10 menit dan dilanjutkan 5 menit untuk tanya jawab dengan dewan juri.
3. Presentasi harus menggunakan bahasa Inggris baik dalam menyampaikan presentasi maupun pada alat dukungan presentasi (Power Point dll).
4. Peserta dipersilahkan untuk membawa alat peraga yang dibutuhkan.
5. Panitia menyediakan media untuk presentasi seperti komputer/laptop dan proyektor.
6. Pada saat Daftar Ulang sebelum acara final dimulai, setiap penelitian memasukkan file Power Point ke komputer/laptop milik panitia (walaupun peserta menggunakan sendiri laptopnya untuk berpresentasi)

info lengkap click di: http://home.unpar.ac.id/~inays/aturan_lomba.html

MyPosts